Pengertian Indonesian Sustainable Palm Oil  (ISPO)

Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) adalah suatu kebijakan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia. Selain itu, sertifikasi ini juga sebagai bukti komitmen Presiden Republik Indonesia untuk memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. ISPO dibentuk pada tahun 2009 oleh pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa semua pihak pengusaha kelapa sawit memenuhi standar pertanian yang diizinkan. ISPO tidak hanya mengenai standar sertifikasi, namun juga dialog berkelanjutan antara pemerintah Indonesia, perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan pihak lainnya yang terkait. Pada bulan Maret 2014, perusahaan pemegang sertifikat ISPO memfokuskan emisi gas rumah kaca sebagai salah satu bahasan utama dalam perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Dasar Hukum Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)

Sertifikasi ISPO menggunakan dasar hukum berupa:

  1. Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2020 tentang sistem Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia
  2. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkalanjutan

Sertifikasi ISPO adalah rangkaian kegiatan penilaian kesesuaian terhadap usaha perkebunan kelapa sawit (meliputi Perusahaan Perkebunan dan Pekebun) yang berkaitan dengan pemberian jaminan tertulis bahwa produk dan/atau tata kelola perkebunan kelapa sawit telah memenuhi prinsip dan kriteria ISPO. Tujuan diselenggarakannya Sertifikasi ISPO adalah:

  1. Memastikan dan meningkatkan pengelolaan serta pengembangan perkebunan kelapa sawit sesuai prinsip dan kriteria ISPO
  2. Meningkatkan keberterimaan dan daya saing hasil perkebunan kelapa sawit Indonesia di pasar nasional dan internasional
  3. Meningkatkan upaya percepatan penurunan emisi gas rumah kaca

PT SDS Indonesia untuk Indonesian Sustainable Palm Oil  (ISPO)

PT SDS Indonesia merupakan Perusahaan yang menyediakan pelayanan jasa audit dan sertifikas. Lahir di kota kecil dimana ilmu pengetahuan dan filosofi tentang kopi dan kakao berkembang, Jember, sebuah kota di Jawa Timur menjadi pilihan kantor kami berada. Kini, SDS telah berkembang sebagai lembaga sertifikasi yang terdepan dan semakin memantabkan perannya menuju suatu sistem yang berkelanjutan yang dipercaya akan membawa kebaikan bagi manusia, alam beserta seluruh penghuninya. PT SDS Indonesia sebagai lembaga sertifikasi pihak ketiga berkompeten melakukan penilaian melalui proses audit, inspeksi, verifikasi, dan sertifikasi berdasarkan standar program sertifikasi nasional dan internasional. Saat ini PT SDS Indonesia juga sedang dalam pengajuan untuk akreditasi program Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (ISPO) dengan ruang lingkup integrasi usaha budidaya perkebunan kelapa sawit dan pengolahan kelapa sawit.

Tautan Unduhan :

Alur Pelaksanaan Ispo
Form Permohonan
Aturan Lain Sertifikasi Ispo
Prosedur Keberatan Banding
Prosedur Pembekukan Penangguhan Sertifikat
Prosedur Penanganan Keluhan

Formulir Pengaduan Keluhan Klien 

Direktori Klien ISPO